Agustus 1, 2018

kambing qurban malang

Kami dari Bursa Kambing Qurban Malang menyediakan kambing qurban yang sehat dan telah memenuhi syarat sahnya hewan qurban yaitu : sehat, tidak cacat, dan pastinya sesuai syar’i.

Percayakan Ibadah Qurban Anda dengan membeli hewan qurban pada kami, karena kami sudah berpengalaman dari tahun ke tahun dalam menyediakan hewan qurban yang sesuai syari’i, sudah banyak sekali customer kami baik di malang ataupun Surabaya.

kambing qurban malang

Untuk info & pemesanan Hubungi : 081334152995 / 085100023302

Bpk. Ali Ahmadi, SP

Dasar Ibadah Qurban :

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang memiliki kemampuan, tetapi tidak berqurban maka jangan ia menghampiri tempat sholat kami” (HR. Ahmad : 7924)

Definisi Qurban :

Ibadah qurban merupakan ibadah yang setiap tanggal 10 Dzulhijjah semua ummat islam yang tidak menjalankan ibadah haji ke tanah suci merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu ummat Islam dianjurkan atau disunahkan untuk berqurban, mereka menyembelih hewan qurban untuk dibagi bagikan kepada semua ummat islam yang terdekat di daerah tempat tinggal mereka atau di luar wilayah tempat tinggal mereka yang membutuhkan.

Dalil

Allah SWT telah mensyariatkan qurban dengan firman-Nya : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang — orang yang membencimu dialah yang terputus”. (Al-Kautsar: 1–3)

Keutamaan Ibadah Qurban :

Dari Aisyah ra : Nabi saw bersabda : “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Qurban yang lebih dicintai oleh Allah SWT ialah menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan Qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang serta bulu — bulunya, kuku — kukunya, tanduk — tanduknya. Dan sesungguhnya sebelum darah Qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah SWT, maka beruntunglah kalian semua dengan — pahala Qurban itu”

(HR. Tirmidzi)

Hukum Berqurban :

Hukum ibadah Qurban adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melaksanakannya, kemudian ia meninggalkannya, maka dihukumi makruh. Perihal ini berdasarkan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwa Nabi saw pernah berqurban dengan dua kambing qibasy yang sama — sama berwarna putih kehitam — hitaman dan bertanduk. Nabi sendiri yang menyembelih hewan Qurban tersebut, dengan menyebut Asma Allah serta bertakbir (waktu menyembelihnya)

Hikmah Berqurban :

Berdasarkan sejarah Idhul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim as dan sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi SAW : “hari — hari itu tidak lain adalah hari — hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah SWT”

Waktu Penyembelihan Hewan Qurban :

Hewan Qurban tidak disembelih sesudah terbit matahari pada hari ‘Idul Adha. Sesudah itu boleh menyembelihnya di hari kapan saja yang termasuk hari — hari tasyrik, baik malam ataupun siang. Setelah tiga hari tersebut tidak ada lagi waktu untuk penyembelihannya.

Dari al — Barra’ra Nabi saw bersabda : “Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini (idhul adha) adalah kita sholat, kemudian kita kembali dan memotong Qurban. Barangsiapa yang melakukan hal demikian, berarti dia mendapatkan sunnah kami. Dan barangsiapa menyembelih hewan qurban sebelum itu, maka sembelihan itu tidak lain hanyalah daging yang ia persembahkan kepada keluarganya yang bukan lagi termasuk ibadah Qurban sama sekali”

Cara Menyembelih Kambing Qurban :

kambing qurban malang

Adapun tata cara menyembelih adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kambing yang disembelih dalam kondisi sehat dan tidak cacat.
  • Siapkan tempat penyembelihan dengan benar, sehingga posisi penyembelih bisa leluasa menghadap kiblat serta yg membantu juga leluasa untuk memegangi atau mengikat kambing yg akan disembelih. Tempatnya diusahakan tertutup, sehingga kambing yang lain tidak melihat proses penyembelihan.
  • Siapkan pisau sembelih yang sangat tajam supaya tidak menyakiti hewan yang akan disembelih.
  • Posisi juru sembelih dan posisi kambing menghadap kiblat, dengan kepala kambing didepan kaki kiri juru sembelih (lambung kiri kambing dibawah).
  • Tutup mata kambing dengan daun telinganya & pegang dengan tangan kiri. Juru sembelih yg sudah mahir mudah merebahkan kambing serta menyembelih tanpa dipegangi orang lain juga tanpa diikat. Bisa lihat videonya di Youtube.
  • Posisi pisau di leher, tepat dibawah jakun 5–7 cm atau sekitar 3 jari dari rahang.
  • Ayunkan pisau sekali ayun dan pastikan 2 urat darah kanan kiri, saluran pernafasan / tenggorokan serta saluran makanan
kambing qurban malang

Untuk info & pemesanan Hubungi : 081334152995 / 085100023302